Membuat Font dari Font Creator (Part 1)


     Assalamualaikum.. Halo gaes.... Welcome di page kami jualfontyuk.com, blog yang berisi tentang seputar dunia font dan sharing pengalaman tentang jualan font, kali ini admin mau sharing cara import font dari vektor software ke font software. Pada postingan kali ini admin menggunakan Font creator untuk membuat format font dengan style font script. Kita juga sekaligus memperkenalkan tools-tools yang sering dipakai pada font creator. Untuk cara membuat font dari vektor sudah kita bahas pada posting sebelumnya, intinya adalah kita bisa menggunakan cara apa saja yang penting sesuai dengan kenyamanan kita masing-masing. Oke lanjut silahkan buka software font creator temen-temen.

Buka lembar kerja font baru temen-temen pada font creator (FC)

Jualfontyuk.com
File → New → silahkan isi family name font anda → OK

kemudian semua glyph akan telihat pada lembar kerja FC teman-teman. Sebelum temen-temen impor vector font silahkan setting font export setting terlebih dahulu fungsinya adalah agar nodes yang dipindahkan dari software vektor tidak bertambah banyak ketika berada di FC. Cara settingnya adalah
jualfontyuk.com

File → Export setting → truetype/opentype → outline format → true type → Hinting → keep original→ outline format → CFF (post script) → OK

Settingan lain yang tidak kalah pentingnya adalah setting semua starting point pada titik 0, hal ini penting karena kerning akan bermasalah jika semua starting point tidak berada pada titk 0. caranya: select all glyph → tools → Glyph transformer → Metrics → leftsidebearing at x=0 → OK.

jualfontyuk.com
Setelah itu silahkan import dari software vektor, kita merekomendasikan import dilakukan dengan cara bersamaan dan diunion terlebih dahulu semua glyphs. Setelah itu tinggal copy dan paste saja. Biasanya admin masukkan huruf di slot huruf 'a'. Kemudian cut dan paste setiap huruf sesuai slot glyphnya. Buat garis bantu dengan ruler. Caranya tarik ruler kebawah. Setting titik temu ekor huruf dan setting persambungan antar huruf. Agar tersambung rapi semua titik huruf berikutnya harus seragam. Garis merah putus-putus 0 adalah garis perpotongan dengan huruf depannya dan garis merah putus-putus dibelakang adalah garis perpotongan huruf dengan huruf berikutnya. Posisi garis menyesuaikan ketebalan huruf . 

jualfontyuk.com
Sebaiknya lengkapi semua karakter multi bahasa pada font , hal ini sangat mempengaruhi penjualan. Karena buyer yang berasal dari negara tertentu memerlukan karakter yang multi bahasa ini. Sekian dulu gaes postingan part 1. Pada part berikutnya akan dibahas soal kerning, kerning class dan export ke file ttf/otf. So simak baik-baik ya gaes. Oiya silahkan jika masih ada yang kurang jelas bisa di tanyakan dikolom komentar ya. Wassalamualaikum #salam budaya.

Tag : Tutorial
3 Komentar untuk "Membuat Font dari Font Creator (Part 1)"

sangat berguna... berkah ilmu nya.

Terima kasih om.. Salam sukses!! Wkwkwk

Back To Top